twitter

Selasa, 30 Maret 2010

Masakan Indonesia - Kuliah Kuliner



Tristar Culinary Institute atau yang disingkat TCI yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari no.234 Surabaya ini memang merupakan tempat yang tepat untuk belajar berbagai hal tentang kuliner. Hal ini terlihat dalam perkuliahan para mahasiswa culinary yang pada hari Jumat (30/07), dalam perkuliahan kali ini para mahasiswa diajarkan dengan lengkap berbagai materi tentang pengetahuan makanan Indonesia. Perkuliahan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh sekitar 22 orang mahasiswa.

Sebagai pengajar, Yanuar juga menerapkan sistem perkuliahan yang sama dengan jurusan pastry yaitu praktik setiap hari. Namun sebelum praktik dimulai, para mahasiswa terlebih dahulu diberikan teori. Dalam sesi ini para mahasiswa diberikan penjelasan mengenai berbagai hal tentang mata kuliah yang diajarkan yaitu seputar pengetahuan makanan Indonesia. Berbagai dasar-dasar masakan Indonesia dijelaskan terlebih dahulu. Setelah teori selesai diberikan, para mahasiswa mulai menuju ke ruang praktik yang sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan yang lengkap beserta bahan-bahan yang digunakan dalam praktik.

Sebelum praktik memasak dimulai, para mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok terlebih dahulu. Kemudian masing-masing kelompok diberikan tugas untuk mempraktikkan satu macam resep yang diajarkan. Tak lupa Yanuar selalu mendampingi setiap langkah demi langkah pembuatan materi yang diajarkan. Adapun materi masakan Indonesia yang dipraktikkan kali adalah Rendang, Sate Padang, Asam Padeh Kepala Ikan dan Gulai Nangka. Masing-masing kelompok pertama-tama menyiapkan berbagai bahan yang akan dipraktikkan mulai dari membersihkan bahan, menimbang hingga memotongnya. Setelah semua bahan disiapkan, maka para mahasiswa yang terbagi dalam kelompok masing-masing segera mengolah bahan-bahan hingga menjadi masakan yang lezat.


Dengan metode praktik setiap ini terbukti sangat efektif karena mahasiswa lebih terlatih mengolah berbagai masakan. Sehingga nantinya diharapkan para mahasiswa lebih terampil saat memasuki dunia kerja. Terampilnya para mahasiswa ini memang terlihat dalam praktik memasak kali ini, karena para mahasiswa tampak sangat cekatan dalam menggunakan berbagai peralatan dapur. Teknik-teknik memotong dan mengolah bahan-bahan pun sudah sangat mereka kuasai.


Dalam pembuatan masakan kali ini memang merupakan masakan yang tergolong agak rumit karena membutuhkan waktu pengolahan yang agak lama. Selesai mengolah masakan, para mahasiswa bergegas membuat display aneka masakan yang sudah dipraktikkan kali ini. Masing-masing kelompok diberikan kebebasan dalam men-display makanan yang sudah dipraktikkannya. Sehingga hal ini akan melatih para mahasiswa untuk lebih kreatif namun tidak meninggalkan pakem-pakem yang sudah diterapkan dalam seni menata makanan. Selesai mendisplay atau menata makanannya, para mahasiswa bisa lanngsung mencicipi aneka masakan yang sudah dipraktikkan, sehingga mahasiswa bisa mengevaluasi hasil masakan yang sudah dipraktikkan. /nv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar